Sunday 30 December 2007

Proyek Laptop Murah Terancam Bangku dan Seragam Sekolah

Nigeria yang terpilih sebagai pilot project dalam program laptop murah XO besutan yayasan One Laptop per Child (OLPC) sedang dilanda dilema. Saat ini tengah terjadi gonjang-ganjing di antara beberapa pejabat pemerintah dengan penyelenggara laptop murah ini.

Laptop murah tersebut sejatinya diklaim tahan terhadap kondisi yang tidak bersahabat seperti hujan dan debu. Memiliki layar yang dapat terbaca di bawah sinar matahari, laptop ini dilengkapi baterai yang tahan 12 jam dan dapat diisi ulang dengan menggunakan panel surya atau engkol tangan.


Dijual dengan harga berkisar USD 100 (USD 1= Rp 9.399, sumber Detikcom), satu juta laptop telah dipesan oleh pemerintah Nigeria yang berkuasa pada 2006 silam.

Namun kini beberapa pejabat pemerintah yang baru terpilih di negara tersebut menilai dana untuk laptop murah ini akan lebih bermanfaat jika dialokasikan untuk proyek pendidikan lainnya.

Bahkan Menteri Pendidikan Igwe Aja-Nawachuku menilai bahwa proyek ini telah mengabaikan keperluan dasar bagi sekolah Nigeria dan perlu ditinjau ulang.

"Apa artinya memperkenalkan laptop kepada anak padahal mereka tidak memiliki bangku untuk duduk dan belajar, tidak memiliki seragam dan fasilitas lainnya untuk sekolah?" ujar Igwe Aja-Nawachuku,

Pendapat tersebut kontan ditangkal oleh Manajer proyek OLPC, Tomi Davies, yang menegaskan bahwa komputer merupakan kunci perubahan bagi negara berkembang seperti Nigeria.

Hingga saat ini sekitar 300 laptop telah dikirimkan ke siswa-siswa di Galadima, sebuah desa di pinggiran kota Abuja, Nigeria. Para guru pun mengatakan bahwa komputer berdampak positif bagi para siswa.

"Ruang kelas yang nyaman memang penting, tapi bukan yang utama, yang lebih penting adalah pengetahuan yang dapat kita berikan bagi para siswa," ungkap seorang guru Olugbile Oluyinka.






My Blog | My Friend`s Blog | My Review Blog

My Updates Blog Everyday
Info Handphone | Info Tentang Internet | Kumpulan Artikel Motivasi | Kumpulan Humor

1 comment:

  1. kapan indonesia jg ikut program 1 laptop per anak yak, kl ada kan bisa ikut kredit (eh boleh dikredit ngga si ya hehe)

    btw thx dah naroh link di blog aku, gantian link aku di blog ini donk bro biar sama2 enak :)

    ReplyDelete

Pages