Monday 31 December 2007

Perusahaan konglomerasi elektronik asal Negeri Sakur, Hitachi Ltd, berencana untuk keluar dari bisnis pembuatan hard disk ukuran kecil, menyusul adanya perubahaan konsumen yang mulai beralih ke flash memory chips.

Divisi produksi hard drive Hitachi, yakni Hitachi Global Storage Technologies Inc, siap menghentikan produksi 1 inchi hard drive dan selanjutnya akan diikuti dengan penghentian produksi untuk hard drive ukuran 1,8 inchi, demikian dikutip Reuters, Minggu (30/12/2007).

Disebut-sebut bahwa langkah Hitachi ini untuk memberikan jalan bagi rivalnya Fujitsu Ltd yang kini tengah bersiap untuk memproduksi hard drive ukuran 1,8 inchi di pabrikannya yang berlokasi di Amerika Serikat. Rencananya produk ini akan diluncurkan ke pada tahun ini juga. Sayangnya tidak ada komentar mengenai masalah ini dari kedua perusahaan.


Hard drive berukuran kecil sebenarnya saat ini tengah menanjak walaupun bentuknya telah beralih ke flash memory chips, di mana kebanyakan dari produk itu dibenamkan dalam video kamera dan pemutar musik lainnya semacam Apple Inc yang meluncurkan iPod.

Hitachi sendiri mengaku ke depan bisnisnya akan lebih fokus pada produksi hard drive ukuran 2,5 inchi dan 3,5 inchi sebagai antisipasi kenaikan permintaan untuk digunakan di personal komputer dan digital elektonik seperti DVD Recorders.

Hitachi selama ini selalu mengalami kerugian dalam bisnis hard drive sehingga harus mengucurkan sejumlah uangnya untuk menambal defisit di unit itu. Hitachi sudah menanggung kerugian sejak membeli unit hard drive dari IBM senilai SUD2 miliar pada 2002 silam.

Saat ini pasar hard drive ukura 1,8 inchi masih dikuasai oleh Toshiba dengan pangsa pasar 70 persen, kemudian diikuti oleh Hitachi 17 persen, Samsung Electronics Co 8 persen, dan Seagate Technology 57 persen.






My Blog | My Friend`s Blog | My Review Blog

My Updates Blog Everyday
Info Handphone | Info Tentang Internet | Kumpulan Artikel Motivasi | Kumpulan Humor

No comments:

Post a Comment

Pages