Monday 21 January 2008

Turki Blokir Akses Situs YouTube


Pengadilan Turki memutuskan memblokir akses ke website video-sharing terpopuler, YouTube karena menurut dugaan sementara yang menyebar saat ini dalam website tersebut terdapat klik yang menghina founding-father negara tersebut.

Ini adalah kali kedua Turki memblokir situs tersebut karena klip tersebut dianggap tidak menghormati Mustafa Kemal Ataturk, seorang pahlawan perang yang mendirikan Turki dari keruntuhan kerajaan Ottoman.

Sebelumnya, Maret 2007, Turki juga pernah memblokir akses ke YouTube karena video penghinaan terhadap tokoh yang sama, Ataturk. Akan tetapi, blokir tersebut dicabut setelah YouTube menghapus video tersebut dua hari kemudian.


Kejadian serupa tidak hanya terjadi di Turki, seperti dikutip YahooNews, Senin (21/1/2008), tetapi juga pernah terjadi di Thailand tahun lalu. Saat itu di YouTube terdapat klip yang menghina raja Thailand, King Bhumibol Adulyadej. Saat itu, pemerintah Thai memblokir akses ke situs ini kurang lebih empat bulan.

Sekira delapan bulan lalu, penduduk Maroko juga tidak bisa mengakses YouTube karena terdapat video kritis mengenai perlakuan Maroko terhadap orang-orang di Sahara Barat, wilayah yang dikuasai Maroko pada tahun 1975.





My Blog | My Friend`s Blog | My Review Blog

My Updates Blog Everyday
Info Handphone | Info Tentang Internet | Kumpulan Artikel Motivasi | Kumpulan Humor

No comments:

Post a Comment

Pages